Bimtek Kader Keamanan Pangan Kota Surakarta Tahun 2022

0
55

Pada tanggal 7 Juli 2022 bertempat di Ruang Pertemuan Lantai 3 Gedung Sasana Reksa Waluya Husada Dinas Kesehatan Kota Surakarta, telah dilaksanakan Bimtek Kader Keamanan Pangan Kota Surakarta Tahun 2022. Narasumber kegiatan ini adalah Budi Santoso, S.Psi. M.K.M dari UNISA, DR. apt. Iswandi, M. Farm dari USB dan Devi, STP dari LOKAPOM Surakarta. Dihadiri peserta dari Kader Kesehatan perwakilan 17 Puskesmas, GEMPITA dan Paguyuban Pedagang Pasar Kota Surakarta.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kejadian luar biasa (KLB) keracunan pangan pada tahun 2019. Berdasarkan data yang dihimpun oleh BPOM dari KLB tersebut, keracunan pangan tertinggi terjadi di tempat tinggal sebanyak 26 kejadian (33,8%), disusul lembaga pendidikan dengan 12 kejadian (15,6%). Adapun urutan jenis makanan yang diduga menyebabkan keracunan pangan tertinggi adalah masakan rumah tangga sebanyak 31 kejadian (40,3%). Hal ini menunjukkan bahwa penanganan pangan yang aman perlu terus ditingkatkan terutama di tingkat perseorangan melalui sosialisasi Keamanan Pangan bagi masing-masing individu sehingga mereka dapat selektif dalam memilih pangan aman untuk dikonsumsi.

Bimbingan Teknis ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi kader keamanan pangan dalam memberikan sosialisasi Keamanan Pangan pada komunitas di lingkungan tempat tinggalnya sehingga dapat membantu individu dalam masyarakat untuk mengadopsi praktik Keamanan Pangan yang baik. Selain melalui metode paparan oleh narasumber, peserta juga diajak bermain peran (role play) dalam mempraktekkan edukasi masyarakat mengenai keamanan pangan, permainan ular tangga dengan materi keamanan pangan, serta diskusi dan tanya jawab dengan narasumber.

Dalam kesempatan ini, Kader Keamanan Pangan bersama-sama mengucapkan Komitmen untuk secara aktif memberikan edukasi kepada masyarakat dan menandatangani lembar komitmen. Di akhir acara disusun Rencana Tindak Lanjut bersama yaitu menyusun jadwal edukasi kepada komunitas masing-masing dan mengirimkan hasil kegiatan kepada Dinas Kesehatan Kota Surakarta melalui WA grup.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.