GELAR PROMOSI KESEHATAN “HIDUP LEBIH SEHAT DAN BERMANFAAT TANPA ASAP ROKOK”

0
829
Gelar Promkes

Minggu 28 Juli 2019, Dinas Kesehatan Kota Surakarta bersama dengan Gerakan Pemuda Peduli Kesehatan Kota Surakarta (GEMPITA) mengadakan acara Gelar Promosi Kesehatan di Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi tepatnya di perempatan Ngarsopuro. Gelar Promosi Kesehatan kali ini mengangkat tema “Hidup Lebih Sehat dan Bermanfaat Tanpa Asap Rokok”. Kegiatan ini dihadiri oleh Kelompok Senam Sehat Kota Surakarta, perwakilan UPT Puskesmas, DKK Surakarta, perwakilan karang taruna di setiap kelurahan, dan tamu undangan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka promosi kesehatan dan penyebarluasan informasi mengenai bahaya asap rokok.

Pengambilan tema ini dilatar belakangi oleh prevalensi perokok di Indonesia dari tahun ketahun cenderung mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil Riskesdas, penduduk Indonesia berusia >15 tahun yang merokok setiap hari sebanyak 27,2%, yang kadang-kadang (tidak setiap hari) merokok sebanyak 6,1%, mantan perokok sebesar 3,7% dan yang tidak merokok sebesar 63%.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan senam bersama yang dilaksanakan di depan panggung dan dilanjutkan dengan pawai kesehatan yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta, dr. Siti Wahyuningsih, M.Kes, MH. Pawai kesehatan diikuti oleh seluruh peserta kegiatan yang membawa poster dan stiker mengenai bahaya asap rokok untuk dibagikan kepada masyarakat di CFD. Setelah pawai kesehatan, acara dilanjutkan dengan orasi dan penandatangan komitmen bersama untuk mendukung gerakan anti merokok dan mendukung pengesahan Perda mengenai Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dari Kader Anti Asap Rokok.

Kawasan Tanpa Rokok (KTR) merupakan ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan, dan/atau mempromosikan produk tembakau. Adanya KTR dapat memberikan hak bagi orang yang tidak merokok untuk menikmati udara sehat bebas dari asap rokok. Pada kegiatan ini juga disediakan pemeriksaan dan konseling berhenti merokok gratis untuk pengunjung CFD.

Dengan terlaksananya Gelar Promosi Kesehatan bertema “Hidup Lebih Sehat dan Bermanfaat Tanpa Asap Rokok” diharapkan masyarakat khususnya pengunjung CFD  mendapatkan edukasi dan informasi yang berimbang, sehingga dengan kesadaran dan kearifannya, diharapkan prevalensi perokok di Indonesia pada umumnya dan di Kota Surakarta pada khususnya dapat ditekan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.