JUMAT SEHAT PERDANA DINAS KESEHATAN KOTA SURAKARTA TAHUN 2019

0
1328

Pada hari Jumat, 8 Februari 2019 Pukul 06.00 WIB, Dinas Kesehatan Kota Surakarta mengadakan Kegiatan Jumat Sehat (JUSE) Perdana Tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Jumat, 2 (dua) kali dalam 1 (satu) bulan. Untuk Kegiatan JUSE Perdana tahun 2019 diadakan di Pendopo Kecamatan Banjarsari berada di wilayah binaan UPT Puskesmas Banyuanyar. Konsep Kegiatan Juse Tahun 2019 terdapat perbedaan dengan tahun sebelumnya, dimana Rangkaian kegiatan Juse Tahun 2019 dimulai dengan senam sehat bersama, kunjungan lapangan untuk menggali permasalahan di bidang kesehatan, paparan hasil temuan permasalahan di masyarakat dan bincang masyarakat sehat. Kegiatan ini diharapkan dapat mengidentifikasi permasalahan yang ada di masyarakat secara langsung dan dilakukannya upaya penyelesaian masalah yang ditemukan di masyarakat melalui dialog langsung dengan pihak-pihak terkait.

Tema yang diangkat pada Juse Perdana ini adalah “KELOLA PENYAKIT TIDAK MENULAR DENGAN GEMA CERMAT”. Latar belakang pemilihan tema diangkat dari hasil Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang sudah dilaksanakan oleh petugas Puskesmas Banyuanyar menunjukkan hasil bahwa dari 618 penderita hipertensi yang ada, hanya 256 orang yang berobat secara teratur dengan prosentase sebesar 41 %. Hal ini jelas terlihat bahwa pemahaman dan kesadaran masyarakat terutama penderita hipertensi untuk melakukan pengobatan secara teratur cukup rendah. Dari hal tersebut diperlukan Edukasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT)

Kunjungan lapangan terdiri dari kunjungan rumah dimana kader kesehatan melakukan pendataan PHBS, bocah anti jentik melakukan pemantauan jentik, petugas apoteker dari jejaring wilayah melakukan edukasi kepada individu maupun keluarga seputar pengelolaan penyakit tidak menular dengan Gema Cermat.

Dari kunjungan lapangan tersebut diperoleh permasalahan antara lain masih ditemukan tempat-tempat yang terdapat jentik nyamuk, masalah lingkungan sampah  yang menumpuk di beberapa tempat dan masalah terkait penyimpanan obat. Dalam kunjungan lapangan tersebut langsung dilakukan intervensi berupa edukasi kepada masyarakat terkait masalah yang ditemukan.

           Bincang Masyarakat Jumat Sehat dipimpin oleh Dra. Setyowati, Apt selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Surakarta didampingi oleh Ida Angklaita, SKM, M.Si selaku Kabid Kesmas, dr. Retno Erawati selaku Kabid Yankes dan Ibu Agustina Idawati dari Kecamatan Banjarsari dengan moderator dr. Aji Danarto, Kepala Puskesmas Banyuanyar. Bincang Sehat tersebut membahas permasalahan terkait pengobatan penyakit tidak menular.

Dalam Kegiatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada RW Bebas Demam Berdarah (DBD) yaitu RW 13 Kelurahan Sumber (Tahun 2018 & 2019) dan RW 15 Kelurahan Sumber Tahun 2019.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.